Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pesona Wisata Danau Siais Tapanuli Selatan

Pesona Wisata Danau Siais Tapanuli Selatan
Sumber : tourtoba.com


Tapanuli Selatan merupakan salah satu Kabupaten yang terdapat di Provinsi Sumatera Utara, Sipirok merupakan Ibu Kota Tapanuli Selatan, daerah ini menyimpan seribu keindahan wisata. Untuk teman-teman yang doyan berwisata alam Tapanuli Selatan menyuguhkan berbagai objek wisata mulai dari Pantai, laut, sungai, gunung hingga Danau, dan kali ini  saya merekomendasikan objek wisata salah satu danau yang terdapat di Tapanuli Selatan yaitu Objek Wisata Danau Siais

Danau siais merupakan salah satu tempat wisata yang berada di wilayah Tapanuli Selatan, di tempat ini kamu akan disuguhkan pemandangan alam yang dikelilingi perbukitan yang membuat kamu akan takjub. Danau Siais merupakan danau yang memiliki air tenang dan indah, beberapa wisatawan menamai danau ini adik dari danau terbesar di Indonesia yaitu danau toba.

Luas dari Objek Wisata Danau Siais sekitar 4.500 hektare, dan pemandangan yang disguhkan di danau ini tidak kalah tetunya dengan Danau Toba, seiring berjalannya waktu Danau Siais mulai banyak dikenal Wisatawan. 

Lokasi Danau Siais  


Danau siais terletak di Desa Raniate, Kecamatan Angkola Barat, Kabupaten Tapanuli selatan dapat ditempuh dari pusat kota Padangsidimpuan selama 1-2 jam tergantung kondisi lalu lintas atau jarak dari kota Padangsidimpuan 40 km dengan jalur dari Batang Toru.

Rute lainnya yang bisa diakses ke Wisata Danau Siais yaitu dari Kabupaten Mandiling Natal namun memakan waktu lebih lama hingga 4 jam perjalanan melalui daerah Natal.


Pesona Wisata Danau Siais Tapanuli Selatan
Sumber: pariwisatasumut.net

Danau Terbesar Kedua Setelah Danau Toba di Sumatera Utara

Pesona Wisata Danau Siais Tapanuli Selatan
source: parawisatasumut.net

Danau Siais merupakan danau kedua terbesar setelah Danau Toba di Sumatera Utara. Tak heran Danau Siais ini menjadi primadona bagi orang-orang, terutama orang-orang yang hobby memancing karena di danau ini juga dihuni banyak jenis ikan salah satunya yaitu Ikan Jurung. Ada kepercayaan masyarakat lokal tentang ikan ini dimana siapa pun dilarang menangkap ikan jurung ini agar terhindar dari terkena musibah. Namun benar atau tidaknya hal ini, ini akan membantu melestarikan ekosistem di Danau Siais.


Air Terjun Simatung-tung Danau Siais


Pesona Wisata Danau Siais Tapanuli Selatan
Sumber: www.jendeladunia16.com

Selain Danau Siais sebagai objek wisata di Desa Raniate terdapat juga air terjun yang dikenal dengan Air Terjun Simatungtung lokasi yang berdengkatan dengan Danau Siais ini sangat saya rekomendasikan karena sekali jalan dengan berkunjung ke Danau Siais.

Air Terjun ini memiliki bentuk yang unik dengan bertingkat-tingkat membuat air terjun ini semakin bagus dan indah, tidak hanya itu air dari air terjun ini juga sangat sejuk. Sekian artikel tentang Pesona Wisata Danau Siais Tapanuli Selatan.